Rabu, 16 April 2014

Melukis Menggunakan Teknik Air Brush Sederhana


Seperti yang sudah sering saya katakan bahwa terdapat berbagai jenis teknik yang dapat digunakan dalam melukis atau menggambar. Hal ini berkaitan dengan bahan apa yang ada di sekitar kita atau bahan apa yang kita punya. Karena kita tidak boleh terlalu memaksakan kepada siswa atau peserta didik mengenai bahan-bahan yang harus digunakan. Berbeda halnya jika yang melukis itu adalah pelajar yang memang menekuni di bidang seni lukis, mereka harus mengetahui dan memahami berbagai macam alat dan bahan yang harus digunakan dalam melukis. Karena ini dikhususkan untuk persiapan mengajar anak sekolah dasar, maka kita tidak boleh memaksakan dan harus membuat pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sekolah dasar tanpa ada rasa beban dalam pelaksanaannya.
Teknis melukis yang akan dibahas kali ini adalah teknik melukis air brush sederhana. Teknik ini memanfaatkan tetes-tetes atau cipratan-cipratan kecil yang dihasilkan oleh alat-alat pendukung yang digunakan. Dalam melakukan teknik air brush sederhana ini kita memerlukan beberapa alat dan bahan, yaitu cat air atau pewarna makanan, sikat gigi bekas, air, saringan teh/tepung atau bisa juga diganti dengan sisir. Dalam hai ini lebih disarankan menggunakan saringan teh/tepung daripada sisir karena tetesan/cipratan yang dihasilkan akan lebih halus. Jika menggunakan sisir besar kemungkinan terbentuk tetesan yang besar karena rongganya yang terlalu besar, sehingga terlihat merusak atau mengotori hasil lukisan.
Teknik melukis air brush sederhana dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
1.      Tuangkan cat air atau pewarna makanan kedalam palet kemudian cairkan menggunakan air.
2.      Siapkan kertas gambar yang akan digunakan untuk melukis.
3.      Celupkan sikat gigi ke dalam larutan pewarna (usahakan agar tidak terlalu banyak larutan yang diserap oleh sikat gigi agar tidak belabor), kemudian gesekkan sikat gigi pada saringan/ sisir tepat di atas buku gambar.
4.      Ratakan pewarnaannya.
5.      Jika sudah selesai tunggu agar cat mengering.
Sederhana sekali. Namun melukis dengan menggunakan teknik air brush sederhana dapat dikreasikan agar dapat menghasilkan lukisan yang lebih menarik dan lebih indah. Misalnya seperti gambar di bawah ini

Gambar di atas dapat dibuat dengan cara membuat pola di atas kertas dengan menggunakan beberapa jenis dedaunan. Pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan dedaunan di atas kertas sesuai dengan yang diinginkan. Kemudian lakukan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas menggunakan cat warna merah. Setelah cat mengering, geser posisi semua daun sedikit ke kanan, lakukan kembali langkah-langkah sebelumnya dengan menggunakan cat berwarna biru. Setelah cat kering lakukan langkah-langkah tersebut berulang-ulang dengan menggunakan warna-warna yang berbeda, sehingga dapat menghasilkan lukisan yang cantik dan indah. Selain menggunakan dedaunan, kita juga bisa menggunakan pola-pola yang lainya, seperti gambar hewan, bunga, rumah, dan lain sebagainya.
Selain teknik di atas, melukis dengan teknik air brush sederhana juga dapat dilakukan dengan cara menutupi sebagian kertas gambar atau lebih dengan kertas lain. Langkah-langkahnya sama saja dengan teknis di atas, bedanya hanyalah bagaimana kreasi kita menggeser-geserkan kertas penupupnya agar nantinya dapat menghasilkan gambar yang menarik.
Dalam melukis dengan menggunakan teknik air brush yang terpenting adalah kesabaran dan ketelitian. Jika kita terburu-buru dalam melukis, apalagi jika cat yang digunakan masih basah sudah ditumpuk dengan cat lain, maka warna yang dihasilkan tidak akan bagus malah akan menyatu sehingga warnanya akan buram. Diperlukan latihan agar dapat menghasilkan gambar yang semakin bagus dan menarik.
Selamat mencoba ya teman-teman....

By: Ni Putu Suryanita SP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar