Pendidikan seni bagi calon guru
sekolah dasar pada umumnya bertindak sebagai alat bukan sebagai tujuan. Karena
pembelajaran yang kita dapatkan pada saat di bangku kuliah dapat membantu kita
dalam mengajar nanti di bangku sekolah dasar. Apa yang kita pelajari akan kita
ajarkankepada siswa, bukan semata-mata kita belajar untuk tujuan pribadi kita.
Itu sebabnya pendidikan seni dikatakan sebagai alat ntuk mencapai tujuan.
Ada banyaktujuan yang hendak
dicapai dalam melakukan suatu proses belajar. Tujuan yang dapat dicapai dengan
pendidikan seni antara lain pendewasaan diri, pematangan kemampuan, pematangan
ketrampilan, dan pematangan kesiapan.
Saat kita menjadi guru nantinya,
kita harus bisa menilai sejauh mana tujuan tersebut tercapai dengan melihat
hasil karya seni yang dihasilkan oleh anak. Sering kali guru menilai karya seni
atau gambar anak atau siswa dengan menggunakan pandangannya sebagai guru.
Sesungguhnya itu tidak benar, karena perkembangan kognitif dan perkembangan pengetahuan siswa di setiap
periode pertumbuhannya berbeda-beda dan tidak dapat disamakan dengan dengan
pengetahuan guru sebagai penilai. Sehingga dalam menilai karya anak kita harus
bisa memposisikan diri setara dengan anak tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar