Sabtu, 14 Juni 2014

Rancangan Pembelajaran Semester Seni Budaya dan Prakarya Kelas II


Berikut ini adalah contoh pengembangan kurikulum dalam bentuk rancangan pembelajaran semester Seni Budaya dan Prakarya kelas II SD   karya kelompok saya.



Rancangan Pembelajaran Semester
Seni Budaya dan Prakarya
Kelas II

 Pertemuan
Materi
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
14
21
28
4
11
18
25
1
8
15
22
29
6
13
20
27
3
10
17
24
1
8
15
KD 2.1
4






















KD 2.2

4





















KD 2.3


4




















KD 3.1 dan 3.4



4



















KD 3.2




4


















KD 3.3





4

















KD 3.5 dan 3.6






4
















KD 4.1







4















KD 4.2








4














KD 4.3









4













KD 4.4










4












UTS











UTS











KD 4.5












4










KD 4.6 dan 4.8













4









KD 4.7














4








KD 4.9 dan 4.10















4







KD 4.11
















4






KD 4.12

















4





KD 4.13 dan 4.14


















4




KD 4.15



















4



KD 4.16




















4


KD 4.17





















4

Ulangan Umum






















UU
Materi Seni Budaya dan Prakarya
Kelas II


Kompetensi Dasar
Materi
KD 2.1
Menggambar Bebas.
KD 2.2
Mengenal Alam di Lingkungan Sekitar.
KD 2.3
Pembentukan Sikap dalam Berkarya.
KD 3.1 dan 3.4
Pengenalan dan Pengolahan Bahan Alam yang dapat dimanfaatkan sebagai Karya Kreatif.
KD 3.2
Belajar Bernyanyi.
KD 3.3
Berjalan dengan menggunakan Gerak bertempo.
KD 3.5 dan 3.6
Memahami budaya dan bahasa di daerah setempat.
KD 4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, bentuk dan tekstur berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
KD 4.2
Membuat mozaik sederhana.
KD 4.3
Menggambar imajinatif dengan memanfaatkan beragam media.
KD 4.4
Membentuk karya relief dari bahan lunak.
UTS
Menyanyikan lagu anak-anak.
KD 4.5
Memainkan lagu dengan pola irama bervariasi.
KD 4.6 dan 4.8
Membuat lagu sederhana.
KD 4.7
Menirukan gerak bintang dengan mengamati secara langsung atau media rekam, menggunakan tempo.
KD 4.9 dan 4.10
Menirukan gerak binatang dengan mengamati secara langsung atau media rekam, menggunakan tempo.
KD 4.11
Menyanyi sambil bergerak dengan media rekam.
KD 4.12
Menyanyi sambil menari dengan menggunakan tempo dan dinamika.
KD 4.13 dan 4.14
Membuat karya kreatif sebagai perhiasan benda dengan mengolah bahan alam yang ada di lingkungan melalui kegiatan melipat, menggunting, dan menempel.
KD 4.15
Membuat karya fungsional dari berbagai bahan dengan cara sederhana.
KD 4.16
Belajar menyajikan olahan makanan.
KD 4.17
Menceritakan budaya yang ada di daerah setempat.
Ulangan Umum






 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar