berikut ini merupakan contoh RPP (Tugas)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar…..
Kelas/Semester : I/2
Tema/Topik : Lingkungan Bersih dan Sehat
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)
A. Kompetenis
Inti
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Seni Budaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar:
1.1 Merasakan
keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan
sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat
prakarya.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk
berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator:
1.1.1 Menjaga keindahan lingkungan sebagai anugrah
Tuhan.
2.1.1 Menanyakan sesuatu yang belum
dimengerti.
2.1.2 Menemukan alat dan bahan dalam membuat
prakarya di alam.
3.4.1 Membedakan fungsi dari berbagai alat dan bahan dalam
membuat prakarya.
4.1.1 Terampil dalam mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan
hasil pengamatan.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mensyukuri karunia Tuhan.
2. Dengan
mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengetahui berbagai alat dan bahan
dalam membuat prakarya.
3. Berdasarkan
hasil pengamatan yang didapat, siswa dapat membedakan fungsi dari bebagai bahan
dan alat dalam membuat karya.
4. Dengan
melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, siswa akan lebih terampil
menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk.
D. Materi
Pembelajaran
Lingkunganku yang Indah
E. Metode
dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : Ceramah,
tanya jawab, penemuan.
Pendekatan : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
eksperimen,
mengasosiasi/menalar, da mengkomunikasikan).
F. Media,
Alat, dan Sumber Belajar
1. Median
dan alat: Pensil warna, buku gambar, pensil, penggaris, penghapus.
2. Sumber:
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2. Guru
dan siswa melakukan doa bersama.
3. Guru
melakuakn apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan
pembelajaran inti.
4. Guru
memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran.
5. Siswa
mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Siswa
mengamati lingkungan sekitar yang mendukung dalam membuat prakarya. (mengamati)
2. Siswa
membuat pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas berdasarkan hasil
pengamatan. (menanya).
3. Siswa
saling menukar pertanyaan yang dibuat dengan siswa lainnya. (mengkomunikasikan).
4. Siswa
mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang didapatnya. (menalar).
5. Siswa
membuat sebuah gambar ekspresi yang sesuai dengan pengamatan (mencipta/ eksperimen).
6. Siswa
menampilkan hasil karya dan menceritakannya di depan kelas (mengkomunikasikan).
|
50 menit
|
Penutup
|
1. Siswa
melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (hal-hal
yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami
dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin
ketahui lebih lanjut).
2. Guru
dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang didapat.
3. Guru
dan siswa melakukan doa bersama.
|
10 enit.
|
H.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)
- Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Proses
1)
Penilaian
Kinerja
2)
Penilaian
Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
1)
Pilihan
ganda
2)
Isian
singkat
3)
Esai
atau uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru
Kelas 1
......................................... ........................................
NIP ................................. NIP ...............................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar