Sabtu, 14 Juni 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


berikut ini merupakan contoh RPP (Tugas)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar…..
Kelas/Semester           : I/2
Tema/Topik               : Lingkungan Bersih dan Sehat
Pertemuan ke                        : 1
Alokasi waktu            : 1 x Pertemuan (2 x 35 menit)

A.      Kompetenis Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpai di rumah, di sekolah, dan di tempat bermain.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Seni Budaya dan Prakarya
Kompetensi Dasar:
1.1  Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni.
3.4 Mengamati berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.1 Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.

Indikator:
1.1.1  Menjaga keindahan lingkungan sebagai anugrah Tuhan.
2.1.1 Menanyakan sesuatu yang belum dimengerti.
2.1.2 Menemukan alat dan bahan dalam membuat prakarya di alam.
3.4.1 Membedakan fungsi dari berbagai alat dan bahan dalam membuat prakarya.
4.1.1 Terampil dalam mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan.

C.      Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mensyukuri karunia Tuhan.
2.    Dengan mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengetahui berbagai alat dan bahan dalam membuat prakarya.
3.    Berdasarkan hasil pengamatan yang didapat, siswa dapat membedakan fungsi dari bebagai bahan dan alat dalam membuat karya.
4.    Dengan melakukan pengamatan di lingkungan sekitar, siswa akan lebih terampil menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk.

D.      Materi Pembelajaran
Lingkunganku yang Indah

E.       Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode                  :  Ceramah, tanya jawab, penemuan.
Pendekatan            : Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,  
                                       eksperimen, mengasosiasi/menalar, da mengkomunikasikan).


F.       Media, Alat, dan Sumber Belajar
1.    Median dan alat: Pensil warna, buku gambar, pensil, penggaris, penghapus.
2.    Sumber:

G.      Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.     Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.     Guru dan siswa melakukan doa bersama.
3.     Guru melakuakn apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.     Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran.
5.     Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
10 menit
Kegiatan Inti
1.     Siswa mengamati lingkungan sekitar yang mendukung dalam membuat prakarya. (mengamati)
2.     Siswa membuat pertanyaan mengenai hal-hal yang belum jelas berdasarkan hasil pengamatan. (menanya).
3.     Siswa saling menukar pertanyaan yang dibuat dengan siswa lainnya. (mengkomunikasikan).
4.     Siswa mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang didapatnya. (menalar).
5.     Siswa membuat sebuah gambar ekspresi yang sesuai dengan pengamatan (mencipta/ eksperimen).
6.     Siswa menampilkan hasil karya dan menceritakannya di depan kelas (mengkomunikasikan).
50 menit
Penutup
1.     Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa (hal-hal yang mereka pelajari pada hari tersebut, bagian yang sudah mereka pahami dengan baik, bagian yang belum dipahami, serta hal apa yang mereka ingin ketahui lebih lanjut).
2.     Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan hasil pembelajaran yang didapat.
3.     Guru dan siswa melakukan doa bersama.
10    enit.

H.    PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.      Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir
b.      Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir)



  1. Instrumen Penilaian
a.      Penilaian Proses
1)   Penilaian Kinerja
2)   Penilaian Produk
b.      Penilaian Hasil Belajar
1)    Pilihan ganda
2)    Isian singkat
3)    Esai atau uraian


Mengetahui                                                                           
Kepala Sekolah,                                                         Guru Kelas 1


.........................................                                           ........................................
NIP .................................                                           NIP  ...............................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar